PROGRAM PASCA SARJANA

home » News and Events » PROGRAM PASCA SARJANA

Program pasca sarjana reguler terdiri dari program master/S-2 (masa studi 2 tahun) dan program doktor umumnya terbagi atas program awal (selama 2 tahun, setara dengan program master) dan program akhir (selama 3 tahun). Beberapa universitas menyelenggarakan program doktor sekaligus selama 5 tahun sementara yang lain menyelenggarakan hanya program akhirnya saja selama 3 tahun. Program doktor jurusan kedokteran, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan berlangsung selama 4 tahun setelah menyelesaikan 6 tahun program sarjana kedokteran terlebih dahulu. 

RATA-RATA BIAYA KULIAH TAHUN PERTAMA
( Sumber Data : MEXT )


Biaya kuliah tahun pertama meliputi uang masuk (hanya dibayar pada tahun ke-1 saja), biaya kuliah, uang penggunaan fasilitas dan peralatan dsb )

JENIS UNIVERSITAS

¥

US$

UNIVERSITAS NEGERI

817,800

7,435

UNIVERSITAS LOKAL

914,960

8,318

UNIVERSITAS SWASTA

 

 

Master - Arts 

1,499,724

13,634

Master - Engineering

1,172,580

10,660

Master - Agricultural & Veterinary Science

1,150,716

10,416

Master - Science

1,122,932

10,209

Master - Health Care (Inc.Pharmacy)

1,076,230

9,784

Master - Liberal Arts

1,048,186

9,529

Master - Medicine

1,000,591

9,097

Master - Home Science

984,781

8,953

Master - Social Science

972,412

8,841

Master - Humanities 

910,461

8,277

Doctor - Arts

1,362,883

12,390

Doctor - Dentistry 

1,256,421

11,422

Doctor - Engineering

1,153,648

10,488

Doctor - Agricultural & Veterinary Science

1,088,878

9,899

Doctor - Health Care (Inc.Pharmacy)

1,078,296

9,803

Doctor - Science 

1,076,277

9,785

Doctor - Home Science

977,262

8,885

Doctor - Liberal Arts

950,811

8,644

Doctor - Social Science

888,767

8,080

Doctor - Humanities

879,815

7,999

Doctor - Medicine

784,467

7,132

 

1 RP = 119 Yen

 


SYARAT MASUK

Kualifikasi untuk mendaftar berbeda-beda berdasarkan jurusan yang dipilih, tetapi biasanya diperlukan salah satu syarat dibawah ini: 

1. Program Master (S-2) 
a Telah lulus program sarjana (program 4 tahun) atau memiliki kemampuan akademik setara atau lebih tinggi.
b Telah menyelesaikan masa pendidikan selama 16 tahun di luar Jepang
c Telah menyelesaikan masa pendidikan selama 15 tahun di luar Jepang dan diakui memiliki kemampuan akademik dalam sejumlah kredit tertentu di suatu program pasca sarjana
d Lulus seleksi khusus penerimaan mahasiswa program pasca sarjana dan diakui memiliki kemampuan akademik setara atau lebih tinggi dari mereka yang telah menyelesaikan program S-1, serta telah berusia 22 tahun

2. Program Doktor (S-3) 
a Telah lulus program master/S-2 atau diakui memiliki kemampuan akademik setara atau lebih tinggi
b Telah memiliki gelar setara Master/S-2 di luar Jepang
c Telah lolos dalam seleksi khusus penerimaan mahasiswa program pasca sarjana dan diakui berprestasi akademik setara atau lebih tinggi dari mereka yang telah menyelesaikan program S-2, serta telah berusia 24 tahun

3.Program doktor/S-3 untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi, farmasi dan kedokteran hewan :
a Telah menyelesaikan program sarjana kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan (6 tahun program)
b Telah mengikuti masa pendidikan lebih dari 4 tahun di universitas dan diakui memiliki kemampuan akademik dalam sejumlah kredit tertentu di suatu program pasca sarjana
c Telah menyelesaikan masa pendidikan selama 18 tahun di luar Jepang dan diakui memiliki kemampuan akademik dalam sejumlah kredit tertentu di suatu program pasca sarjana.


PENDAFTARAN

Dokumen pendaftaran yang diperlukan berbeda-beda tergantung universitas, namun pada umumnya sebagai berikuti :
1. Formulir Pendaftaran ( disediakan universitas )
2. Riwayat Hidup
3. Ijazah S-1/Surat keterangan akan lulus program S-1
4. Ijazah S-2/Surat keterangan akan lulus program S-2 (Bagi peserta program S-3)
5. Transkrip nilai dari universitas asal
6. Surat rekomendasi dari rektor/dekan/pembimbing
7. Essei atau abstrak penelitian dari almamater
8. Rencana Penelitian
9. Surat keterangan kesehatan
10. Pasfoto
11.KTP warga asing (jika berdomisili di Jepang)
12. Surat keterangan penjamin (bila diperlukan)

Secara umum berkas formulir pendaftaran program pasca sarjana di Jepang dikeluarkan sekitar bulan Juni-Agustus untuk tahun ajaran baru berikutnya.

Batas waktu, cara, dan dokumen pendaftaran, dsb berbeda-beda di setiap program pasca sarjana. Konfirmasikan langsung ke universitas yang diminati. Bila akan mendaftar dari luar Jepang, lakukan prosedur pendaftaran dengan meluangkan cukup waktu agar memenuhi batas waktu yang telah ditetapkan. Daftar universitas penyelenggara program pasca sarjana yang memberikan ijin masuk sebelum kedatangan ke Jepang bisa dilihat disini.Untuk daftar pilihan bidang study yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, bisa dilihat di kantor JASSO-JEIC Jakarta.


UJIAN MASUK

Ujian masuk biasanya mengkombinasikan beberapa ujian yaitu Seleksi dokumen, Ujian akademik yang diselenggarakan oleh universitas ybs, Wawancara, Ujian Essei/paper & Ujian lisan mengenai bidang yang akan diambil. Pada umumnya ujian diadakan pada bulan Agustus-Oktober, tetapi ada juga yang diadakan pada bulan Februari - Maret.


MAHASISWA PENELITI

Mahasiswa Peneliti adalah mahasiswa non reguler yang bertujuan sbb :
a Mahasiswa yang melakukan penelitian dalam jangka pendek tanpa tujuan mengambil gelar
b Mahasiswa yang mengikuti program jangka pendek dalam program pertukaran mahasiswa antar universitas
c Mahasiswa yang memanfaatkannya sebagai program persiapan untuk memasuki program reguler pasca sarjana

Untuk memperoleh status tinggal sebagai " College Student ( Ryuugaku) mahasiswa asing harus mengikuti perkuliahan lebih dari 10 jam / minggu.
Beberapa universitas mengizinkan mahasiswa asing langsung mengikuti ujian masuk program pasca sarjana reguler di universitas tsb tetapi beberapa universitas lain menghendaki agar mahasiswa asing menempuh program sebagai “mahasiswa peneliti” terlebih dahulu sebelum memasuki program pasca sarjana reguler mereka. Silahkan hubungi universitas yang diminati untuk kepastian lebih lanjut secara detail.

* Perihal Pembimbing
Baik mahasiswa program pasca sarjana reguler maupun mahasiswa peneliti harus mencari seorang profesor pembimbing dan mengkonfirmasikan apakah izin penerimaan sementara dari pihak profesor tsb diperlukan/tidak sebelum mengajukan lamaran ke universitas tsb. Apabila izin penerimaan sementara dari pihak profesor pembimbing ini diperlukan, cara paling efektif untuk berkorespondensi adalah dengan meminta diperkenalkan oleh pembimbing di universitas almamater melalui surat rekomendasi.
Bila diperlukan, silakan mencari pembimbing yang sesuai dari prospektus program pasca sarjana universitas, brosur, jurnal, publikasi akademik lain dan alumni mahasiswa Jepang atau lihat dalam Directory Database of Research and Development Activities, Humanities Web Sites in Japan . Terkadang ada pembimbing yang memiliki website bidang penelitiannya sendiri.Selain itu ada juga beberapa universitas yang bersedia memperkenalkan pembimbing yang ada di universitas tsb.

Kirimkan hasil penelitian yang pernah dilakukan dilengkapi proposal rencana penelitian yang akan dilakukan dan sertakan alasan pasti mengapa memilih profesor tsb sebagai pembimbing saat berkorespondensi. Akan lebih baik bila disertakan pula surat rekomendasi dari pembimbing di kampus atau atasan. Mengingat profesor di Jepang sendiri tidak mengenal calon mahasiswanya, tampaknya cukup sulit untuk memberikan keputusan hanya berdasarkan dokumen saja. Selain itu, jarang sekali izin penerimaan sementara dari profesor diperoleh hanya melalui korespondensi singkat. Perlu berkorespondensi berulang kali dan harus menunjukkan kesungguhan niat belajar.

 


SYARAT KELULUSAN

Syarat untuk menyelesaikan program pasca sarjana jenjang master/S-2 dan jenjang doktor/S-3 masing-masing berbeda. Pada dasarnya syarat untuk menyelesaikan program master adalah harus belajar lebih dari 2 tahun dan mengambil sejumlah kredit yang diperlukan (lebih dari 30 kredit) dalam bidang tertentu, menulis desertasi S-2 yang dinilai memuaskan dan lulus ujian. Para lulusan program ini berhak atas gelar “Magister/S-2”.
Program doktor pada prinsipnya memerlukan waktu belajar lebih dari 5 tahun termasuk 2 tahun masa belajar dalam program master dan mengambil lebih dari 30 kredit termasuk kredit yang mungkin telah diambil dalam program masternya, menulis desertasi S-3 yang dinilai memuaskan dan lulus ujian. Para lulusan program ini berhak atas gelar “Doktor/S-3”.

- JASSO