Study in Japan

home » study in japan
Ujian

Ujian

Ujian masuk ke universitas di Jepang biasanya dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa metode seleksi  diantaranya : Seleksi dokumen, Ujian akademik yang diselenggarakan oleh universitas yang bersangkutan, wawancara, Ujian menulis essay , hasil ujian EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students), hasil ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ). 
Read More
Training College

Training College

Professional Training College (senmon gakkou) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan meningkatkan taraf pendidikan, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari dengan masa belajar 1 ~ 4 tahun tetapi umumnya berlangsung selama 2 tahun. Meliputi bidang kesehatan, teknik, kebudayaan, kependidikan, perdagangan, kesejahteraan sosial, kerumahtanggaan, pertanian, dsb. Program dalam Professional Training College ini tidak ada dalam bahasa Inggris.
Read More
College Of Technology

College Of Technology

College of technology (koutou senmon gakkou)merupakan program pendidikan khusus bagi lulusan SMP dengan masa pendidikan konsisten selama 5 tahun (5,5 tahun untuk bidang pelayaran niaga) untuk membina keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja. Umumnya merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan bidang-bidang teknik di samping pelayaran niaga. Lulusan program ini bergelar “Ahli Madya”. Mahasiswa asing yang belajar dalam program ini belajar mulai dari tingkat 3 saja dengan persyaratan samadengan program S-1 dan junior college Dewasa ini hampir tidak ada lembaga penerima mahasiswa asing atas biaya sendiri kecuali atas beasiswa dari pemerintah Jepang dan pemerintah negaranya sendiri. Status tinggal yang diberikan adalah “College Student” (ryuugaku).
Read More
Akomodasi

Akomodasi

Akomodasi mahasiswa asing ada yang dikelola oleh JASSO atau akomodasi swasta tertentu yang dikelola oleh JASSO bagi mahasiswa asing. Selain itu ada juga akomodasi yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun swasta. Untuk mencari tempat tinggal , disamping bisa menanyakan ke bagian konsultasi mahasiswa asing, biasanya bisa ditanyakan juga ke agen real estate di daerah yang ingin ditinggali.
Read More
Lembaga Pend. Bhs. Jepang

Lembaga Pend. Bhs. Jepang

Perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi di Jepang pada umumnya dilakukan dalam Bahasa Jepang dan sedikit sekali lembaga yang memberikan perkuliahannya dalam Bahasa Inggris.Agar bisa mengikuti perkuliahan di Jepang diperlukan kemampuan bahasa Jepang kira-kira level 1 atau dalam ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ). Level ini bisa dicapai bagi mereka yang sudah belajar bahasa Jepang selama lebih dari 600 - 900 jam. Apabila belajar di Jepang diperlukan waktu selama 1 - 2 tahun untuk mencapai level ini. Sedangkan apabila belajar di negara asal walaupun kemampuan masing-masing berbeda-beda maka diperlukan beberapa tahun untuk bisa mencapai level ini. Untuk melihat lembaga pendidikan tinggi yang memberikan perkuliahan dalam Bahasa Inggris bisa dilihat di kantor JASSO - JEIC Jakarta.
Read More
Program Sarjana (S-1)

Program Sarjana (S-1)

Masa studi program sarjana reguler adalah 4 tahun, kecuali untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi,jurusan farmasi di beberapa universitas dan kedokteran hewan 6 tahun. Di samping program reguler tsb, di beberapa universitas ada pula program non-reguler yang disebut program mahasiswa pendengar (choukousei) dan mahasiswa pengumpul kredit (kamokutourishuusei) . Di samping program jangka panjang untuk meraih gelar, ada pula program jangka pendek non-gelar. Perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi di Jepang umumnya diselenggarakan dalam Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantarnya, kecuali di beberapa universitas tertentu. Biaya kuliah di Jepang relatif lebih murah dibandingkan biaya kuliah di Amerika dan Inggris. Selain itu terdapat sistem keringan biaya hidup bagi mahasiswa asing dan tersedia banyak beasiswa bagi mahasiswa asing. Berikut rata-rata biaya kuliah untuk tahun pertama, meliputi uang masuk, biaya kuliah, uang penggunaan fasilitas, peralatan di kampus dsb ( uang masuk hanya dibayar pada tahun ke-1 saja )
Read More
Program Pasca Sarjana

Program Pasca Sarjana

Program pasca sarjana reguler terdiri dari program master/S-2 (masa studi 2 tahun) dan program doktor umumnya terbagi atas program awal (selama 2 tahun, setara dengan program master) dan program akhir (selama 3 tahun). Beberapa universitas menyelenggarakan program doktor sekaligus selama 5 tahun sementara yang lain menyelenggarakan hanya program akhirnya saja selama 3 tahun. Program doktor jurusan kedokteran, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan berlangsung selama 4 tahun setelah menyelesaikan 6 tahun program sarjana kedokteran terlebih dahulu.
Read More
Program Ekstensi

Program Ekstensi

Program ekstensi bukanlah program umum di Jepang. Yang bisa mengikuti program ekstensi adalah lulusan program Junior College (Tanki daigaku), lulusan program College of Technology (koutou senmongakkou),lulusan Professional Training College ( Senmonggakkou), mahasiswa tingkat 1 atau 2 dan lulusan program S-1 suatu universitas yang ingin mengikuti program ekstensi ke universitas lain untuk ganti jurusan. Meskipun program tsb memungkinkan, terkadang universitas tidak menyelenggarakan perekrutan program tsb setiap tahun dan tidak terbuka untuk semua fakultas. Silakan hubungi universitas yang diminati untuk mengetahui kemungkinan ada atau tidaknya program ini.
Read More
Short-term Program

Short-term Program

Program studi jangka pendek umumnya berlangsung selama kurang dari 1 tahun dan bisa diikuti melalui program pertukaran mahasiswa kerjasama antar universitas dan tanpa melalui kerjasama antar universitas atau program studi jangka pendek lainnya.
Read More