Study in Japan - Ujian

home » study in japan » Ujian
Ujian

Ujian masuk ke universitas di Jepang biasanya dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa metode seleksi  diantaranya : Seleksi dokumen, Ujian akademik yang diselenggarakan oleh universitas yang bersangkutan, wawancara, Ujian menulis essay , hasil ujian EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students), hasil ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ). 

Beberapa universitas juga memberikan izin masuk dengan cara memakai hasil EJU dan dokumen-dokumen lain, seperti transkrip nilai SLTA, untuk menjaring calon mahasiwa asing biaya sendiri. Dengan demikian, bila peserta memilih universitas yang melaksanakan program tsb bisa mendapatkan izin masuk universitas yang diminati dan tetap tinggal di Indonesia tanpa harus berangkat ke Jepang untuk mengikuti ujian.Untuk melihat daftar universitas yang memberikan ijin masuk silakan lihat disini.


Ujian yang bisa diikuti di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Examination for Japanese University Admission for International Students (EJU)

EJU bertujuan untuk menilai kemampuan akademik dan kemampuan berbahasa Jepang mahasiswa asing yang berminat belajar di universitas di Jepang.

EJU diselenggarakan 2 kali setiap tahun yaitu pada bulan Juni dan November di 15 kota di Jepang dan 16 kota di Luar Jepang yaitu India ( New Dehli ), Indonesia (Jakarta dan Surabaya), Korea Selatan (Seoul dan Bussan), Srilangka ( Colombo ), Singapore, Thailand (Bangkok), Taiwan (Taipei), Filipina (Manila), Vietnam (Hanoi dan Ho Chi Minh), Malaysia (Kuala Lumpur), Myanmar (Yangon), Mongolia (Ulan Bator), Rusia (Vladivostok).

Mata ujian meliputi “Japanese as a Foreign Language”“Science” (pilih 2 mata ujian di antara fisika, kimia, dan biologi), “Japan & the World” (ilmu pengetahuan umum tentang Jepang dan dunia), serta “Mathematics” (memilih tipe 1 atau 2). Bahasa pengantar ujian menggunakan Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. Peserta memilih mata ujian dan bahasa pengantar ujian sesuai ketentuan yang ditetapkan universitas di Jepang yang dituju (Kecuali mata ujian Japanese as a Foreign Language hanya dalam bahasa Jepang). Hasil EJU ini akan diberitahukan kepada pihak universitas yang dituju apabila ada permintaan dari pihak universitas tsb.

MATA UJIAN

TUJUAN

WAKTU
(menit)

NILAI

Japanese as a

Foreign Language

Mengukur kemampuan B.Jepang (B.Jepang akademik) yang diperlukan untuk belajar di universitas di Jepang

120

0 – 400

Science

Mengukur kemampuan akademik dasar dalam bidang sains (fisika, kimia, biologi) yang diperlukan untuk belajar di jurusan-jurusan sains di universitas di Jepang

80

0 – 200

Japan & the World

Mengukur kemampuan akademik dasar yang diperlukan dalam bidang sosial-humaniora, khususnya kemampuan berpikir dan penalaran, untuk belajar di universitas di Jepang

80

0 – 200

Mathematics

Mengukur kemampuan akademik dasar yang diperlukan dalam bidang matematika untuk belajar di universitas di Jepang

80

0 – 200

 

Keterangan

  1. Mata ujian “Japanese as a Foreign Language” terdiri dari 4 bagian, yaitu : Writing, Reading Comprehension, Listening Comprehension, Listening and Reading Comprehension.
  2. Mata Ujian “Science”, peserta memilih 2 di antara fisika, kimia, atau biologi sesuai petunjuk pihak universitas yang diminatinya.
  3. Mata ujian “Mathematics”, berdasarkan petunjuk pihak universitas yang diminatinya peserta memilih “Mathematics Course 1” (matematika untuk jurusan-jurusan yang termasuk kategori Liberal Arts) atau “Mathematics Course 2” (matematika untuk jurusan Science).
  4. Peserta tidak bisa memilih mata ujian “Science” dan “Japan and the World” pada saat yang bersamaan karena waktu ujian bersamaan
  5. Ujian diberikan dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris, kecuali mata Ujian “ Japanese as a Foreign Language” dalam Bahasa Jepang saja. Peserta memilih bahasa yang akan digunakan pada saat pendaftaran EJU berdasarkan petunjuk pihak universitas yang diminati.
  6. Bentuk jawaban adalah pilihan ganda dan terdapat essay dalam ujian tulis “ Japanese as a Foreign Language”


Untuk EJU tahun 2009 diselenggarakan pada hari Minggu,21 Juni 2009 (EJU tahap ke-1 ) dan hari Minggu,8 November 2009 (EJU Tahap ke-2). Periode pendaftaran untuk EJU tahap ke-1 telah dibuka dari 16 Februari 2009 - 13 Maret 2009. Silahkan lakukan pendaftaran EJU di lembaga pelaksana EJU atau di kantor JASSO - JEIC Jakarta. Untuk EJU tahap ke-2, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 6 Juli 2009 - 31 Juli 2009.

 

Beasiswa “Honors Scholarship for Privately Financed International Students (Reservation Program)” dari Monbukagakusho

Beasiswa yang disediakan oleh Monbukagakusho/MEXT bagi mahasiswa asing yang belajar di universitas di Jepang atas biaya sendiri dalam bentuk “Honors Scholarship for Privately Financed International Students”.
JASSO akan mendaftarkan beasiswa ini bagi peserta EJU yang memiliki nilai tertinggi dan berminat belajar di universitas, junior college, atau Professional training college dengan biaya sendiri sebagai calon penerima beasiswa.
Untuk informasi mengenai beasiswa ini silahkan lihat disini
* Besar beasiswa : ¥50,000 per bulan

Pada tahun 2007, 1,241 orang mendapatkan beasiswa ini.

Lembaga Pendidikan Pemakai EJU (per Oktober  2007)

 

 

Negeri

Lokal

Swasta

Total

Junior College

Jumlah total

0    

25

374

339

Jumlah pemakai EJU

0

8

77

85

Prosentase pemakaian

0%

32%

21%

21%

Universitas

Jumlah total

 83

 74

 557

 714

Jumlah pemakai EJU

 83

 46

 269

 398

Prosentase pemakaian

 98%

 62%

 49%

 56%

Pasca Sarjana

Jumlah Pemakai EJU

 5

6

    21

32

Professional Training College

Jumlah pemakai EJU

 

 

 

 39

 

Untuk melihat daftar Universities, Junior College, Graduate School & Professional Training School yang memakai EJU silahkan lihat disini 


Untuk pendaftaran EJU di Indonesia :

1. Pusat Study Jepang Universitas Indonesia 
Kampus UI Depok 16424
Telp : +62-21-786-3547
Fax : +62-21-786-3548 
Email :eju_indonesia@yahoo.com

2. International Multicultural Center  ( I'Mc Center )
Jl.Sumatera 92 C Surabaya
Telp : +62-31-501-9051
Fax  : +62-31-501-9062
Email : info@imccgroup.com

2. Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

Ujian ini diselenggarakan guna mengevaluasi dan menilai kemampuan berbahasa Jepang mahasiswa asing yang mempelajari Bahasa Jepang.Ujian ini diselenggarakan di Jepang oleh Japan Educational Exchanges and Services (JEES) di 20 kota yaitu di Hokkaido, Miyagi, Ibaraki, Saitama, Chiba, Tokyo, Kanagawa, Toyama, Nagano, Shizuoka, Aichi, Kyoto, Osaka, Hyogo, Hiroshima, Kagawa, Fukuoka, Oita, Okinawa). Untuk penyelenggaraan di luar Jepang dikelola oleh The Japan Foundation di 138 kota di 50 negara.

Penggunaan Japanese Language Proficiency Test (JPLT) sebagai parameter kelulusan masuk universitas program sarjana telah berakhir pada tahun 2001. Mulai tahun 2002 diberlakukan “Examination for Japanese University Admission for International Students” (EJU) yang mencakup ujian “Japanese as a Foreign Language” sebagai pengganti JLPT. Tetapi apabila ujian EJU tidak dilaksanakan di negara tersebut maka beberapa universitas masih memakai hasil JLPT sebagai salah satu syarat dokumen seleksi masuk mahasiswa program Sarjana ( S- 1) .Selain itu ada juga universitas yang mewajibkan calon mahasiswa asing mengikuti JLPT sebagai salah satu dokumen syarat seleksi masuk untuk mengikuti program pasca sarjana (Master/S-2 dan Doktor/S-3). 

JASSO